Tiko Lakukan Ini untuk Bertahan Hidup di Rumah Terbengkalai Tanpa Listrik dan Air Selama 12 Tahun

Kisah Tiko merawat ibuna yang gangguan jiwa di rumah mewah terbengkalai

VIVA Trending – Hidup selama 12 tahun di rumah mewah terbengkalai tanpa listrik dan air bersih, Tiko mengungkapkan bagaimana ia dan ibunya bisa survive menjalani kehidupannya. Rumah mewah yang ditinggali oleh Tiko dan Ibu Eny diektahui berlokasi di Kelurahan Jatinegara, Kecamatan Cakung, Jakarta Timur. 

Saat ini, Ibu Eny tengah menjalani perawatan di rumah sakit jiwa setelah selama 12 tahun hanya dirawat oleh sang anak. Tiko dan ibunya ditinggal oleh sang ayah sejak 2010. Lantas, bagaimana cara ibu dan anak itu bertahan selama 12 tahun? 

Menggunakan lilin hingga menadah air hujan

Penampakan rumah Ibu Eny dan Tiko

Penampakan rumah Ibu Eny dan Tiko

Diungkapkan oleh Tiko bahwa untuk selama ini untuk penerangan dirinya hanya menggunakan lilin. Sementara, untuk air bersih biasanya Tiko meminta air kepada tetangga. 

“Jadi, air ngambil dari sebelah (tetangga) kan ada Sanyo, ngambil seember, seember gitu. Kalau untuk listrik gak ada, penerangan pakai lilin,” ucap Tiko yang dilansir dari VIVA Bandung pada Jumat, 5 Januari 2023. 

Selain itu, Tiko juga menadah air hujan untuk keperluan seperti masak dan Mandi untuk bertahan hidup bersama dengan ibunya. 

Halaman Selanjutnya

Pekerjaan Tiko selama ini

img_title

Sumber: www.viva.co.id

Related posts