Penyebab Gunung di Mekah Menghijau Menurut LPBINU

Viral! Pegunungan di Mekah Dipenuhi Tanaman Hijau

VIVA Trending – Fenomena menghijaunya pegunungan di Mekah, Arab Saudi tengah ramai diperbincangkan di media sosial. Dalam video yang beredar tampak dataran yang semula tandus kini tertutup oleh rerumputan hijau.

Melalui unggahan akun @makkahregion, tak sedikit warganet yang mengaitkan fenomena menghijaunya dataran tandus ini sebagai tanda akan datangnya hari kiamat.

Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim Nahdlatul Ulama (LPBINU) menjelaskan bahwa fenomena ini terjadi akibat curah hujan yang tinggi di Arab Saudi sejak Desember 2022 lalu.

“Itu fenomena yang wajar. Mengingat intensitas hujan di Arab Saudi belakangan cukup tinggi,” kata Pengurus LPBINU M Ali Yusuf, dikutip dari NU Online, Selasa 10 Januari 2023.

Menurut Ali, curah hujan yang tinggi di akhir 2022 dibanding tahun-tahun sebelumnya, diiringi ketidakstabilan atmosfer yang berulang, bertepatan dengan perluasan depresi Laut Merah dan aliran arus udara lembab di lapisan bangunan atmosfer membuat wajah pegunungan dan wilayah gurun yang awalnya panas menjadi lembab. 

“Nah, dari situlah tumbuh rerumputan yang membuat kawasan pegunungan di bagian barat Arab Saudi ini menghijau seperti yang terlihat di video itu,” jelasnya.

Halaman Selanjutnya

Proyek Green Riyadh

img_title

Sumber: www.viva.co.id

Related posts