Kisah Perjuangan Mahasiswa UNY Minta Keringanan Biaya UKT hingga Meninggal Dunia

Universitas Negeri Yogyakarta

VIVA Trending – Kisah getir perjuangan mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial (FIS) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) untuk membayar Uang Kuliah Tunggal (UKT) viral di media sosial Twitter Jumat, 13 Januari 2023.

Dalam sebuah utas yang dibagikan akun Twitter @rgantas (Ganta Semendawai), ia menceritakan perjuangan seorang wanita berinisial NR yang susah payah mencari keringanan biaya UKT lantaran sangat membebani perekonomian keluarga.

Ganta dalam utasnya mengabarkan bahwa NR tidak bisa menyampaikan langsung kondisi yang dialaminya terkait UKT lantaran mahasiswi angkatan 2020 tersebut telah meninggal dunia pada 9 Maret 2022 silam.

Gedung Rektorat Universitas Negeri Yogyakarta

Gedung Rektorat Universitas Negeri Yogyakarta

“Orang tuanya sehari-hari jualan sayur di gerobak pinggir jalan. Di saat yang sama, ibunya harus menghidupi (NR) dan keempat adiknya yang belum lulus sekolah. Tidak sulit untuk menebak bahwa jelas keuangan keluarga tak akan cukup membiayai perkuliahan,” tulis Ganta mengawali utasnya di Twitter

Menurut Ganta, NR telah mengisi nominal pendapatan sesuai dengan kondisi perekonomian keluarganya. Namun saat diminta untuk mengunggah berkas, keterbatasan sebabkan NR gagal mengunggah persyaratan tersebut.

“Ia tidak punya laptop. Sehingga ia meminjam hp tetangganya di desa. Karna Android tetangganya tidak secanggih hp yg sedang Anda pakai. Akhirnya ia tidak bisa mengupload berkas-berkas yg diminta,” jelas Ganta

Halaman Selanjutnya

Gagalnya NR mengunggah berkas tersebut membuatnya beranggapan bahwa hal inilah yang menyebabkan biaya UKT-nya mencapai Rp 3,14 juta, tentu ini nominal yang cukup besar bagi sebagian orang.

img_title

Sumber: www.viva.co.id

Related posts