Fakta-Fakta Ikan ‘Terbang’ di Pantai Utara Jakarta

Ikan terdampar di Pantai Mutiara, Jakarta.

VIVA Trending – Ribuan ikan dikabarkan terdampar dan naik ke daratan di pesisir utara Jakarta. Seperti Pulau Onrust di wilayah Kabupaten Kepulauan Seribu, dan juga di sekitar Pantai Mutiara, Jakarta, Rabu 29 November 2022.

Kejadian ini pun juga viral di media sosial dan dibenarkan oleh Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Endra Zulpan. “Benar bahwa telah terjadi fenomena alam berupa ikan yang menepi ke pantai,” kata Zulpan.

Mantan Kabid Humas Polda Sulawesi Selatan itu mengatakan ratusan ikan ini bisa sampai keluar dari dalam air karena adanya perubahan iklim di laut. Alhasil, ikan tidak kuat terhadap panas air laut dan keluar dari air.

Ikan terdampar di Pantai Mutiara, Jakarta.

Ikan terdampar di Pantai Mutiara, Jakarta.

1. Fenomena serupa pernah terjadi

Zulpan melanjutkan, fenomena serupa sebelumnya pernah terjadi di sekitar Pantai Ancol. Pada akhirnya ikan-ikan tersebut dimanfaatkan oleh warga dan nelayan untuk diambil.

“Dapat dipastikan penyebab menepinya ikan tersebut karena perubahan iklim di laut dan bukan karena diracun oleh masyarakat ataupun bukan karena adanya limbah beracun,” kata dia.

Sumber: www.viva.co.id

Related posts